Minggu, 04 Januari 2015

WISATA JOGYAKARTA

CANDI PRAMBANAN
Salah satu Candi yang paling terkenal di Indonesia setelah Candi Borobudur adalah Candi Prambanan yang merupakan salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi.


Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu yang paling besar di Indonesia, Candi Prambanan dihiasi dengan banyak relief yang diukir mengelilingi candi yang mengisahkan tentang kisah Ramayana dan Krishnayana.

Lokasi Candi Prambanan berada sektiar 17km jika dari psuat kota Yogyakarta. Jika Anda ingin berkunjung dan tidak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan bus dan kemudian turun di halte bus Prambanan, sangat mudah sekali mencapai Candi Prambanan karena letaknya yang dekat dengan jalan raya.

CANDI BOROBUDUR
Lokasi dari Candi Borobudur sebenarnya berada di kota Magelang, namun termasuk dalam kategori tempat wisata di Yogyakarta dan sekitarnya yang paling menarik untuk dikunjungi.

Candi ini sudah sangat terkenal sampai ke penjuru belahan dunia, Candi Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terbesar di dunia.


Letaknya sekitar 40km jika dari Yogyakarta, Sampai sekarang ini Candi Borobudur masih dikunjungi oleh banyak biksu yang berasal dari berbagai penjuru untuk berziarah karena Candi Borobudur merupakan sebuah tempat suci bagi mereka umat Buddha.

Untuk Anda yang ingin memasuki area Candi Borobudur, akan diharuskan untuk menggunakan sarung yang dipinjamkan secara gratis di pintu masuk Candi Borobudur dan sarung tersebut harus Anda kembalikan di pintu keluar Candi Borobudur.

Candi Borobudur adalah sebuah candi yang memiliki banyak relief dan patung Buddha paling banyak di dunia. Walaupun tidak berada di Jogja, namun Candi Borobudur selalu didatangi oleh berbagai wisatawan yang sedang liburan ke Jogja.

MALIOBORO
Tujuan utama dari berbagai wisatawan yang ingin liburan ke Jogja yaitu adalah Jalan Malioboro.

Jalan yang paling terkenal di Yogyakarta dan sudah menjadi tempat wisata di Yogyakarta yang paling terkenal.

Disini, untuk berfoto di penanda Jalan Malioboro saja sering kali harus mengantri lebih dahulu dengan pengunjung lain.

Nama dari Jalan Malioboro berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya adalah karangan bunga.

Jalan Malioboro akan memberikan Anda para pengunjung sebuah pengalaman wisata belanja dan wisata kuliner yang tidak ada habisnya.

Pada waktu siang hari, sepanjang Jalan Malioboro akan terdapat banyak sekali pedagang pakaian, tas, sandal, gantungan kunci, kerajinan tangan, batik, aksesoris, dan barang unik lainnya yang bisa Anda beli dengan harga murah.

Sedang pada waktu malam hari, disini Anda akan menemukan banyak sekali para pedagang makanan lesehan khas Yogyakarta yang berada di sepanjang Jalan Malioboro.

Salah satu hal yang unik di Jalan Malioboro adalah, disini ada beberapa orang yang menggunakan pakaian unik, misalnya berpakaian seperti halnya prajurit, pocong, zombie, dan lain sebagainya. Anda bisa foto bersama dengan mereka dengan biaya sukarela.

Belum ke Jogja rasanya jika Anda belum berkunjung ke Jalan Malioboro.

KRATON JOGYAKARTA
Tidak kalah menariknya, Keraton Yogyakarta juga merupakan salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang terkenal. Keraton Yogyakarta adalah sebuah bangunan yang bersejarah dari kesultanan Yogyakarta yang menjadi tempat tinggal Sultan dan keluarganya.


Selain Anda bisa menikmati keindahan arsitektur kuno, disini Anda juga bisa berkunjung ke sebuah museum yang memiliki koleksi barang-barang milik kesultanan Yogyakarta yang sebagian besar merupakan hadiah dari para raja Eropa.

Untuk Anda yang ingin datang berkunjung ke tempat wisata yang satu ini, lebih baik Anda datang pada waktu pagi hari karena Keraton Yogyakarta hanya buka dari pukul 8 pagi sampai dengan pukul 2 siang saja.

TAMAN SARI
Pada jaman dahulu Istana Air Taman Sari ini merupakan sebuah tempat rekreasi dan meditasi untuk keluarga kerajaan Yogyakarta.


Selain itu, Istana Air Taman Sari ini dulunya juga berfungsi sebagai sebuah benteng pertahanan.
Sekarang ini, Istana Air Taman Sari sudah menjadi salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang terkenal.
Udara di sekitar Istana Air Taman Sari sangat sejuk karena terdapat banyak kolam buatan yang disertai dengan kebun bunga berbau harum.
Harga untuk tiket masuk ke Istana Air Taman Sari adalah sekitar 5,000 Rupiah.

PANTAI PARANGTRITIS
Sebuah Pantai yang paling terkenal di Yogyakarta yaitu Pantai Parangtritis. Lokasinya berada sekitar 26km di arah selatan jika dari pusat kota Yogyakarta, Pantai Parangtritis memiliki ombak dan arus yang cukup besar.


Keunikan yang dimiliki pantai Parangtritis adalah terdapat bukit pasir yang biasa disebut gumuk yang ada di sekitar pantai. Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman yang berbeda, Anda bisa mencoba untuk bermain paralayang di Bukit Parangndog.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar